5 Cara Ampuh untuk Aktivasi Office 2016 yang Harus Diketahui

Bagikan artikel ini
Aktivasi Office 2016
Aktivasi Office 2016

Salah satu software paling berharga terutama bagi para pelajar dan pekerja adalah Microsoft Office 2016. Sayangnya, banyak pengguna belum memahami cara yang tepat untuk aktivasi Office 2016. Sebenarnya, melakukan aktivasi Microsoft Office tidaklah sulit untuk dilakukan.

Tanpa aktivasi, Anda tidak bisa menggunakan berbagai produk Microsoft Office seperti PowerPoint, Excel, dan Word. Tapi jangan khawatir karena Anda akan menemukan berbagai metode untuk mengaktivasi Microsoft Office Anda di halaman ini.

Berbagai Metode untuk Aktivasi Software Microsoft Office 2016

Microsoft Office menyediakan berbagai fitur yang akan menjadi tidak berguna tanpa dilakukannya proses aktivasi. Selain itu, perubahan yang Anda lakukan menggunakan Microsoft Office tidak akan bisa tersimpan jika Microsoft Office tersebut belum diaktivasi.

Beruntung, ada banyak cara untuk mengaktifkan Microsoft Office di komputer Anda. Berikut sudah Kitapedia rangkum beberapa cara diantaranya:

Mengaktifkan Microsoft Office 2016 secara permanen tanpa menggunakan software

Metode pertama adalah mengaktifkan Microsoft Office secara langsung dengan menggunakan product key yang dirilis oleh Microsoft Office 2016 itu sendiri. Setelah memasang software tersebut di laptop atau komputer Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Jalankan salah satu aplikasi Microsoft Office 2016, boleh Excel atau Word.
  • Ketika muncul perintah untuk aktivasi, klik pada tombol Activate.
  • Pilih tombol yang bertuliskan Enter Product Key.
  • Siapkan product key yang berjumlah 25 digit dan ketikkan ke dalam kolom yang tersedia
  • Klik pada tombol Continue.
  • Pilih tulisan Redeem Online.
  • Kemudian buat akun Microsoft jika Anda belum memilikinya atau lakukan Login jika Anda sudah memiliki akun.
  • Klik pada tombol yang berjudul Finish Activation.

Sekarang Microsoft Office 2016 Anda telah berhasil diaktivasi dan sudah dihubungkan dengan Microsoft Account Anda. Anda bebas menggunakan semua program Microsoft Office 2016 dengan leluasa.

Melakukan aktivasi Microsoft Office 2016 menggunakan KMS Auto Lite

KMS Auto Lite
Aktivasi Office 2016: KMS Auto Lite
  • Pastikan Anda menonaktifkan aplikasi antivirus Anda dan menutup aplikasi tersebut untuk sementara.
  • Unduh aplikasi bernama KMS Auto Lite dan ekstrak file unduhan yang berupa file rar.
  • Anda akan mendapatkan hasil ekstrak berupa sebuah folder dengan dua aplikasi didalamnya yaitu KMSAuto dan KMSAuto X64.
  • Buka salah satu aplikasi yang paling cocok dengan arsitektur Microsoft Windows yang Anda gunakan, pilih KMSAuto biasa untuk Windows 32-bit dan KMSAuto X64 untuk Windows 64-bit kemudian jalankan sebagai administrator.
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih tab Tools kemudian centang bagian yang bertuliskan Convert Office 2016 RETAIL => VL.
  • Kemudian buka bagian Main Windows lalu klik pada bagian Install GVLK kemudian centang pada bagian Forcibly dan klik bagian Office Key guna melakukan pemasangan produk key Microsoft Office.
  • Apabila muncul tulisan Key Installed Successful maka pemasangan telah berhasil dilakukan, lanjutkan dengan mengklik Activate Office guna mengaktifkan Office 2016 Anda hingga muncul notifikasi Activation Successful.

Memanfaatkan KMS Office untuk melakukan aktivasi Office 2016

KMS Office
Aktivasi Office 2016: KMS Office

Aplikasi KMS Office juga dikenal dengan sebutan Office 2013-2019 C2R Install. Seperti biasa, pastikan antivirus di laptop atau komputer Anda telah dinonaktifkan dan aplikasi antivirus juga tidak berjalan. Kemudian ikuti urutan langkah dibawah ini:

  • Unduh KMS Office kemudian ekstrak KMS Office yang masih berwujud file rar. Buka folder aplikasi KMS Office kemudian klik kanan pada aplikasi untuk menjalankannya sebagai administrator.
  • Ketika KMS Office sudah terbuka, pilih tab yang bernama Utilities kemudian centang sebuah bagian yang bernama Office reactivation task lalu klik pada Office Retail => VL guna melakukan konversi Microsoft Office sehingga berubah menjadi Volume License.
  • Setelah proses konversi selesai dan keterangan Completed muncul, klik bagian Activate Office guna memulai aktivasi pada Microsoft Office 2016 Anda. Klik bagian Allow Access jika muncul sebuah jendela bernama KMS emulator by Ratiborus.
  • Tunggu sampai proses aktivasi pada Microsoft Office 2016 hingga selesai dan muncul pesan berupa Product activation successful. Sekarang Anda bisa mengakses semua fitur Microsoft Office tanpa gangguan.

Menggunakan KMSPico untuk mengaktifkan Microsoft Office 2016

KMSpico
Aktivasi Office 2016: KMSpico

KMSPico akan membantu Anda untuk mengaktifkan semua aplikasi Microsoft Office 2016 Anda secara gratis dan permanen. Dibandingkan dengan berbagai software activator yang lain, KMSPico merupakan yang paling populer dan disukai oleh banyak pengguna.

Berikut langkah detail untuk Anda ikuti dalam melakukan proses aktivasi Microsoft Office 2016:

  • Unduh KMSPico terlebih dahulu sambil mematikan antivirus yang berjalan di komputer Anda. Kemudian ekstrak file KMSPico setelah proses mengunduh selesai. Buka folder ekstrak kemudian jalankan KMSPico.exe sebagai administrator.
  • Jendela Extracting akan muncul dan menunjukkan bahwa proses untuk mengaktifkan Microsoft Office 2016 sedang berjalan. Jendela Extracting akan lenyap dengan sendirinya setelah proses aktivasi tersebut selesai.

Segera setelah proses aktivasi selesai dan jendela Extracting menghilang, Microsoft Office 2016 Anda sudah siap untuk digunakan. Barulah Anda bisa mengaktifkan kembali antivirus yang Anda pasang di komputer atau laptop Anda.

Mengaktivasi Microsoft Office 2016 sebelum menginstal aplikasi Office

Tentu saja, Anda bisa melakukan aktivasi pada Microsoft Office bahkan sebelum Anda melakukan pemasangan aplikasi tersebut di laptop atau komputer Anda. Perhatikan dan ikuti langkah-langkah yang disebutkan secara rinci di bawah ini.

  • Buka Google Chrome atau browser lain yang Anda sukai kemudian kunjungi situs web setup.office.com. Situs web tersebut menyediakan lisensi untuk berbagai produk Microsoft Office yang bisa Anda beli.
  • Anda wajib memiliki akun Microsoft yang kemudian digunakan untuk Sign In pada halaman situs web Microsoft Office. Jika belum memiliki akun, Anda bisa membuat akun baru dengan cara memilih Create a new account.
  • Jika Anda sudah memiliki product key sejumlah 25 digit, Anda tinggal memasukkan product key tersebut pada kolom yang sudah disediakan kemudian klik pada tombol Next untuk memilih region atau negara dimana Anda tinggal. Lalu klik pada tombol Next lagi.
  • Anda juga bisa memilih opsi Automatic Renewal hanya dengan menggeser bagian tombol sampai berubah warna menjadi hijau. Untuk menggunakan opsi ini, Anda wajib menyertakan nomor kartu kredit yang masih berlaku. Klik pada tombol Next untuk menyelesaikan aktivasi.

Penutup

Kelima cara aktivasi Office 2016 sudah dicoba oleh berbagai pihak dan telah berhasil dalam mengaktifkan Microsoft Office 2016. Jika Anda memilih menggunakan bantuan aplikasi atau software tambahan seperti KMS, pastikan bahwa antivirus sudah benar-benar dinonaktifkan.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa koneksi internet komputer Anda tidak tersambung selama proses aktivasi berlangsung. Koneksi internet aktif serta antivirus bisa menggagalkan proses aktivasi Microsoft Office 2016 sehingga Anda perlu bekerja lebih keras untuk mengaktifkan software tersebut.

Meskipun terdapat banyak cara untuk mengaktivasi Microsoft Office 2016, Anda tentu ingin menggunakan cara yang paling legal yaitu membeli lisensi atau product key asli dari Microsoft Office demi kelancaran penggunaan aplikasi ini.