Download Aplikasi Kartu Pelajar Barcode dan Fitur Lainnya

Bagikan artikel ini
Aplikasi Kartu Pelajar
Aplikasi Kartu Pelajar

Umumnya setiap peserta didik pasti memiliki kartu pelajar yang berfungsi sebagai tanda pengenal. Dalam hal ini aplikasi kartu pelajar sangat diperlukan dalam pembuatan tanda pengenal tersebut, baik pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA bahkan perguruan tinggi sekalipun.

Dengan kartu pelajar, siswa dapat menunjukkan bahwa ia merupakan seorang pelajar pada suatu sekolah tertentu. Kartu pelajar tersebut umumnya berlaku sejak pertama kali siswa terdaftar pada suatu sekolah dan berakhir saat masa kelulusan tiba.

Fungsi Kartu Pelajar

Sebelum membahas mengenai aplikasi untuk kartu pelajar dan cara pembuatannya, akan lebih baik jika Anda kenali terlebih dahulu fungsi dari kartu pelajar. Apa saja fungsi dari kartu pelajar? Fungsi penting dari kartu pelajar antara lain:

Sebagai Identitas Siswa

Seorang siswa atau siswi yang masih aktif menempuh pendidikan di suatu sekolah sudah seharusnya memiliki kartu pelajar. Sebab kartu pelajar merupakan identitas dari seorang pelajar pada suatu sekolah atau madrasah.

Dengan adanya kartu pelajar ini, pihak sekolah atau madrasah tidak perlu berulang kali membuat surat keterangan untuk membuktikan bahwa siswa tersebut merupakan peserta didiknya. Siswa dapat langsung menggunakan kartu pelajar sebagai identitas atau pengenal saat dibutuhkan.

Diperlukan Saat Siswa Akan Mengikuti Lomba

Kartu pelajar juga memiliki fungsi penting lain bagi siswa maupun sekolah saat akan mengikuti perlombaan. Seringkali pihak penyelenggara lomba meminta lampiran kartu identitas siswa untuk kepentingan administratif.

Kartu pelajar sangat dibutuhkan saat siswa akan mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Jadi kartu pelajar tidak hanya berfungsi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah saja, tetapi juga kegiatan di luar sekolah.

Berguna Saat Kejadian Darurat

Dalam suatu kondisi tertentu kartu pelajar juga akan sangat diperlukan. Misalnya saat seorang siswa kehilangan dompet atau mengalami kejadian yang tidak diinginkan, maka kartu pelajar ini dapat digunakan untuk mengenali identitas yang bersangkutan.

Dari kartu pelajar tersebut, identitas siswa dapat dikenali dengan mudah karena terdapat informasi sekolah hingga alamat di dalamnya.

Aplikasi Kartu Pelajar

Nah diatas sudah kita dibahas tentang fungsi dari aplikasi kartu pelajar. Dibawah ini sudah Kitapedia siapkan untuk cara menggunakan aplikasi kartu pelajar yang bisa Anda gunakan.

Kartu Pelajar Dengan Desain Modern

Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat kartu pelajar dengan desain yang keren dan modern. Anda bisa membuat kartu pelajar dengan tampilan yang menarik dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Langkah-langkah pembuatan kartu pelajar menggunakan aplikasi ini bisa Anda lihat sebagai berikut:

  • Pertama silakan download aplikasinya melalui link berikut: download.
  • Setelah itu klik tombol “Profil” kemudian ganti nama sekolah beserta nama kepala sekolah juga.
  • Kemudian klik opsi “Edit data” dilanjutkan dengan mengubah data-data siswa sesuai Dapodik (Data Pokok Peserta Didik) milik sekolah.
  • Untuk menambahkan foto bisa menggunakan opsi“Edit photo” kemudian “Change picture”.
  • Pilih foto yang akan diinput pada kartu pelajar lalu sesuaikan ukurannya.
  • Langkah selanjutnya adalah mengedit informasi mengenai sekolah, silakan klik tombol “Edit stempel” kemudian ganti nama sekolah beserta alamatnya.
  • Cek kembali data-data yang telah diinput sebelumnya.
  • Jika sudah sesuai Anda bisa mencetak kartu pelajar dengan menekan opsi “Cetak kartu”.

Kartu Pelajar yang Dilengkapi Dengan Stempel dan Barcode

Aplikasi selanjutnya memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Sehingga akan memudahkan Anda dalam pembuatan kartu pelajar. Tampilan dari aplikasi ini bisa dibilang mirip seperti Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada langkah-langkah berikut:

  • Pertama Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu melalui link ini: download.
  • Setelah berhasil didownload silakan buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian Anda akan melihat berbagai menu dan fitur yang disediakan oleh aplikasi ini seperti profil, master data, stempel, dan lain sebagainya.
  • Pada halaman tersebut silakan klik menu “Master Data” kemudian isikan seluruh data siswa yang terdaftar pada sekolah sesuai Dapodik.
  • Setelah selesai Anda bisa masuk ke menu “Profil” yang berfungsi untuk mengubah atau mengedit identitas sekolah seperti nama sekolah, akreditasi, alamat, dan lain-lain.
  •  Langkah selanjutnya adalah menambahkan stempel resmi dari sekolah dengan cara menekan tombol “Edit Stempel”.
  • Cek kembali seluruh data yang telah diinput sebelumnya.
  • Simpan file hasil pembuatan kartu pelajar atau bisa juga langsung mencetaknya.

Kartu Pelajar Menggunakan Microsoft Excel

Cara yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah, sebab setiap perangkat komputer di sekolah pasti sudah memiliki Microsoft Excel. Jadi operator tidak perlu lagi download aplikasi khusus untuk membuat kartu pelajar.

  • Tahap terpenting dalam pembuatan kartu pelajar menggunakan Excel adalah input data siswa.
  • Data-data yang diinput antara lain nama siswa, NIS, NISN, tempat dan tanggal lahir, alamat, agama, serta jenis kelamin.
  • Kemudian untuk desain kartu pelajar bisa dibuat menggunakan menu desain kartu atau upload gambar, operator bisa membuat desain bagian depan dan belakang kartu.
  • Selanjutnya untuk foto siswa dapat diupload menggunakan menu Insert Picture, namun Excel hanya bisa menerima gambar dengan format png atau jpeg saja.
  • Operator bisa mencetak kartu pelajar secara langsung maupun menyimpannya terlebih dahulu.
  • Saat akan mencetak kartu pelajar, pastikan perangkat telah terhubung ke printer yang akan digunakan.

Fitur-Fitur yang Disediakan Aplikasi Kartu Pelajar

Upload Data Siswa

Salah satu keuntungan dari aplikasi ini adalah adanya fitur upload data siswa. Dengan fitur ini Anda tidak perlu repot memasukkan data siswa satu per satu. Sebab aplikasi bisa memasukkan seluruh data siswa sekaligus hanya dengan satu kali klik.

Terlebih setiap sekolah pasti mempunyai dapodik yang berisikan data pokok seluruh siswa. Dengan demikian, operator atau staf TU yang bertugas dalam pembuatan kartu pelajar akan lebih mudah lagi dalam pengolahan dan pembuatan kartu identitas siswa ini.

Edit Data Siswa

Setelah melakukan upload data ke dalam aplikasi, operator tetap bisa mengubah atau mengedit data-data tersebut jika terdapat kesalahan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terdapat data yang salah karena terdapat fitur yang bisa mengkoreksi.

Foto Langsung

Aplikasi di atas juga dilengkapi dengan fitur foto langsung. Dengan fitur ini operator bisa mengambil foto siswa secara langsung menggunakan web camera. Sehingga operator tidak perlu lagi repot-repot mengedit foto menggunakan Photoshop atau CorelDraw.

Multi Cetak

Fitur multi cetak ini berfungsi untuk mencetak beberapa kartu pelajar dalam satu waktu sekaligus. Kartu pelajar yang dicetak bisa bebas dipilih oleh operator, jadi tidak harus sesuai urutan yang ada.

Dalam satu kali cetak kertas yang digunakan memiliki ukuran sekitar 30 x 20 cm, bisa memuat 4 – 6 kartu pelajar sekaligus. Dengan adanya fitur ini, tentu saja sekolah bisa menghemat biaya karena kertas yang dibutuhkan lebih sedikit dan proses pencetakan menjadi lebih cepat.

Demikian ulasan tentang aplikasi kartu pelajar yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan adanya aplikasi seperti di atas pembuatan kartu pelajar pasti akan lebih mudah dan cepat. Karena seluruh tahapan bisa dilakukan dengan otomatis namun Anda tetap perlu melakukan pengecekan ulang.