5 Cara Melihat Tipe Laptop dari yang Mudah Hingga Susah

Bagikan artikel ini
Cara Melihat Tipe Laptop
Cara Melihat Tipe Laptop

Masing-masing laptop hadir dengan performa yang berbeda. Beberapa jenis laptop dirancang untuk melakukan tugas-tugas ringan sedangkan yang lain sanggup menanggung berbagai pekerjaan yang berat. Sangat penting untuk mengetahui cara melihat tipe laptop yang Anda gunakan.

Mengetahui tipe laptop bisa membantu Anda untuk memahami seberapa kuat performa laptop Anda dan menggunakannya tanpa melebihi kemampuan yang dimilikinya. Jika Anda menggunakan laptop diluar batas kesanggupannya, Anda bisa memicu kerusakan pada mesin laptop Anda.

Berbagai Cara untuk Mengecek Tipe Laptop yang Anda Miliki

Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tipe dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing laptop. Kitapedia akan membagikan cara-cara yang akan Anda temukan di bawah ini bisa diterapkan di berbagai merk laptop termasuk Dell, Acer, Asus, Lenovo, Samsung, HP, dan berbagai merk laptop yang lain.

Cara Melihat Tipe Laptop Menggunakan DXDIAG
Cara Melihat Tipe Laptop Menggunakan DXDIAG

Melihat tipe laptop dengan menggunakan aplikasi bawaan DXDIAG

Banyak pengguna laptop sudah familiar dengan aplikas DXDIAG. Aplikasi apakah ini? DXDIAG atau DirectX Diagnostic Tools adalah sebuah aplikasi bawaan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap sistem dan mengetahui spesifikasi dari laptop yang Anda miliki.

Berbagai keterangan seperti BIOS, VGA, Processor, dan RAM akan ditampilkan pada aplikasi DXDIAG. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi tentang tipe dan merk laptop Anda. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk mengecek spesifikasi laptop menggunakan aplikasi DXDIAG.

  • Tekan tombol Windows yang ada di keyboard laptop Anda bersamaan dengan tombol R pada keyboard laptop untuk membuka jendela Run.
  • Kemudian ketikkan DXDIAG pada bar Open. Selanjutnya, tekan tombol Enter pada keyboard laptop Anda untuk membuka jendela DirectX Diagnostic Tools.
  • Jendela DXDIAG akan terbuka dan menampilkan berbagai pilihan tab. Pada tab System Anda bisa melihat merk laptop yang Anda miliki lengkap dengan tipenya, nama komputer, sistem operasi, BIOS, prosesor, Ram, dan informasi lain terkait laptop Anda tersebut.

Mengecek spesifikasi laptop dengan memanfaatkan System Information

Cara yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengecek tipe laptop menggunakan DXDIAG. Cara ini juga akan menunjukkan berbagai keterangan terkait laptop Anda. Yang membedakan adalah System Information ini menyajikan detail yang jauh lebih spesifik.

Selain itu, cara yang harus Anda lakukan untuk membuka aplikasi bawaan System Information juga sangatlah mudah. Berikut beberapa langkah sederhana yang wajib Anda ikuti untuk bisa melihat spesifikasi laptop milik Anda dengan cara menggunakan aplikasi System Information:

  • Tekan tombol Windows pada keyboard laptop Anda.
  • Kemudian ketikkan System Information pada bagian kolom pencarian. Tekan Enter pada keyboard laptop untuk mencari aplikasi bawaan System Information.
  • Klik dua kali atau tekan Enter pada keyboard laptop setelah aplikasi bawaan System Information ditemukan untuk membuka jendela System Information tersebut.
  • Pada jendela System Information yang muncul, terdapat semua detail yang Anda ingin ketahui mengenai laptop Anda yang dikelompokkan ke berbagai kategori. Hal ini memudahkan Anda untuk menemukan informasi yang lebih detail tentang laptop Anda.

Mengetahui informasi laptop dengan menggunakan BIOS

Apa itu BIOS? BIOS adalah sebuah sistem yang diciptakan oleh para pembuat laptop sebelum merilis laptop tersebut. Anda tidak perlu mempelajari segala hal tentang BIOS untuk bisa menggunakannya. BIOS bisa terlihat ketika laptop baru Anda nyalakan, sebelum masuk Windows.

Ketika merek atau logo Anda muncul, Anda sebenarnya sedang melihat BIOS. Anda bisa memanfaatkan sistem buatan produsen laptop ini untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda miliki. Bagaimana cara melihat tipe laptop melalui BIOS ini? Ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Pastikan laptop Anda berada pada kondisi off atau mati, kemudian nyalakan laptop Anda.
  • Ketika tampilan BIOS tampak pada layar laptop atau merk laptop Anda mulai terlihat pada layer, tekan salah satu tombol F1, F2, F8, F11, F12, Delete, atau Escape.
  • Karena masing-masing laptop memiliki tombol masuk BIOS yang berbeda, pastikan Anda menekan tombol yang benar sesuai dengan merk laptop yang Anda miliki agar bisa masuk ke sistem BIOS.
  • Segera setelah Anda memasuki sistem BIOS, masuk ke bagian System Information. Atau temukan bagian lain yang sejenis dengan System Information dimana Anda bisa melihat model dan tipe laptop yang Anda miliki.

Cara yang satu ini tidak dianjurkan untuk para pengguna laptop yang masih baru atau awam. Ada banyak setting yang terdapat pada sistem BIOS. Jika Anda tidak sengaja merubah pengaturannya, laptop Anda mungkin akan mengalami suatu masalah.

Jika Anda belum pernah masuk ke sistem BIOS sebelumnya, sebaiknya coba cara pertama atau kedua di atas untuk mengetahui spesifikasi laptop Anda. Atau, jika memungkinkan, cobalah cara keempat dibawah ini yang jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Menggunakan Command Prompt untuk mengetahui tipe laptop

Command Prompt bisa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah. Salah satu perintah bahkan bisa Anda gunakan untuk mengetahui tipe dan spesifikasi laptop yang Anda miliki. Bagaimana cara menggunakan Command Prompt untuk mengetahui tipe laptop?

  • Buka jendela Command Prompt dengan cara mengetikkan CMD pada kolom pencarian laptop Anda setelah menekan tombol Windows pada keyboard laptop.
  • Atau Anda bisa membuka jendela Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows dan tombol R pada keyboard laptop secara bersamaan dan mengetikkan CMD pada bagian Open kemudian menekan tombol Enter pada keyboard laptop.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah ‘systeminfo’ kemudian tekan tombol Enter lagi pada keyboard laptop.
  • Tunggu hingga seluruh detail informasi selesai dicantumkan pada jendela Command Prompt. Anda bisa melihat tipe laptop Anda di bagian System Model dan System Manufacturer.
  • Ada pula berbagai keterangan lain mengenai sistem operasi, prosesor, dan detail lain laptop Anda yang ditunjukkan oleh jendela Command Prompt ini.

Melihat tipe laptop dengan mengecek cara lagi dus laptop Anda

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengetahui tipe laptop Anda adalah melihatnya secara langsung pada kardus yang membungkus laptop Anda ketika pertama kali membelinya. Sayangnya, cara ini tidak bisa dilakukan jika Anda membeli laptop bekas tanpa kardusnya.

Kardus dan buku manual yang datang bersama laptop Anda memiliki informasi mengenai tipe laptop yang Anda beli. Pastikan Anda mengeceknya dan mencocokkannya dengan laptop Anda.

Kelima cara di atas seringkali digunakan untuk melakukan pengecekan tipe dan spesifikasi laptop, terutama ketika akan membeli laptop bekas. Anda pasti tidak mau tertipu bukan? Pastikan Anda benar-benar paham cara mengecek spesifikasi laptop di atas agar bisa menerapkannya suatu saat nanti. Yang manakah dari kelima cara melihat tipe laptop yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Sebelum mencoba cara BIOS, pastikan Anda sudah mencoba semua cara lain dan jadikan cara ketiga diatas sebagai pilihan terakhir demi melindungi performa laptop Anda.