Intip Kelebihan Windows 10 dari Versi Sebelumnya

Bagikan artikel ini
Kelebihan Windows 10
Intip Kelebihan Windows 10 dari Versi Sebelumnya

Windows 10 Final menjadi sistem operasi terbaru dari Microsoft. Sejak awal kemunculannya pada 2015, OS ini memang mendapatkan banyak feedback postitif. Bagi Anda yang ingin upgrade ke OS ini, sebaiknya pahami kelebihan Windows 10 berikut ini.

Tipe sistem operasi yang digunakan pada dasarnya memang dapat mempengaruhi kinerja laptop/PC Anda. Bagi pengguna Windows, mungkin sudah mengetahui jika OS ini telah mengeluarkan versi terbaru. Anda bisa mulai menggunakannya karena OS Windows 10 punya banyak kelebihan.

Generasi OS Windows

Pada awal kemunculannya, OS Windows hanya berupa tampilan GUI sederhana.  OS tersebut ialah Windows 1.0, 2.0, dan 3.0. Seiring perkembangan zaman, muncullah Windows 95 dan 98. Perkembangan sistem operasi ini memang tidak bisa lepas dari pencetusnya, Bill Gates.

Di masa berikutnya, muncul seri Windows NT yang diawali dengan Windows 2000 dan Windows ME. Bagi Anda yang sudah menggunakan komputer di masa itu, mungkin menyadari kepopuleran OS ini hingga sekarang.

Di era serba teknologi ini, OS Windows tentu semakin mengupgrade versinya. Hal ini dibuktikan dengan dirilisnya Windows XP yang sangat populer pada saat itu. Selanjutnya, muncul Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Spesifikasi Laptop/PC untuk Windows 10

Sebelum mengetahui kelebihan Windows 10, sebaiknya pahami terlebih dahulu spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk OS ini. Walau bagaimanapun juga OS yang sesuai akan menentukan berjalan atau tidaknya sistem operasi tersebut di perangkat Anda.

Mengetahui spesifikasi minimum ini penting dilakukan agar Anda bisa menginstall Windows 10 di laptop/PC, yaitu sebagai berikut.

  • Processor:  1 GHz atau disarankan yang lebih tinggi
  • Hard Disk: 16 GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk 64 bit
  • RAM: 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit
  • Graphics card: DirectX 9 atau versi yang lebih baru dengan WDDM 1.0 driver
  • Display: 800×600

Selain spesifikasi minimum di atas, Anda juga perlu memahami beberapa versi Windows10 yang sudah dirilis. Seperti yang telah diketahui, Windows 10 tidak dirilis dalam satu versi saja. Pengguna bisa memilih untuk menginstall yang paling sesuai.

  • Windows 10 Home
  • Windows 10 Pro
  • Windows 10 Enterprise
  • Windows 10 Education
  • Windows 10 Mobile

Kelebihan Windows 10 dibanding OS sebelumnya

Windows 10 menjadi salah satu OS yang banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini tak lepas dari kepopuleran Windows untuk setiap tipenya. Apabila Anda ingin menerapkan OS ini di perangkat yang dimiliki, simak beberapa kelebihan yang dimilikinya berikut ini.

Kompatibilitas

Windows 10 dikenal sebagai OS yang kompatibel tidak hanya pada laptop/PC saja. OS ini bahkan bisa dijalankan di smartphone atau tablet.

Tentunya dengan tampilan yang menyesuaikan. Hal ini merupakan inovasi terbaru dari Microsoft. Jadi, pengguna perangkat mobile juga bisa merasakan kenyamanan Windows 10.

Upgrade Gratis

Windows 10 Update Gratis

Perlu diketahui, fitur upgrade gratis hanya bisa dirasakan bagi pengguna Windows 10 resmi. Jadi, untuk pengguna OS bajakan tidak mendapatkan fitur ini. Anda bisa mendapatkan fitur terbaru yang sudah di upgrade dari OS ini.

Untuk melakukan upgrade itu sendiri ternyata cukup mudah. Pengguna tinggal masuk ke halaman Windows 10 Free Upgrade untuk mendapatkan pembaruan.

Setelah ada pada halaman tersebut, pilih tombol upgrade. Langkah selanjutnya ikuti step by step sesuai panduan yang muncul pada layar.

Tombol Start Menu

Keunggulan dari Windows 10 selanjutnya adalah adanya tombol start menu. Fitur ini memang tidak ditemui pada versi sebelumnya, yaitu Windows 8. Seperti yang telah diketahui, pengguna Windows 8 memang banyak mengeluhkan tidak adanya tombol start membuat bingung.

Hal inilah yang akhirnya membuat Windows 10 akhirnya memberikan tombol start menu. Kini OS terbaru ini berhasil menghadirkannya kembali agar pengguna lebih nyaman dan tidak kebingungan.

Fitur Cortana

Fitur cortana ini bisa membantu pengguna mendeteksi perintah suara yang dimasukkan. Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk membuka aplikasi, membuat jadwal, memutar lagu, menerjemahkan kata, atau hanya sekedar diajak mengobrol.

Teknologi Virtual Desktop

Teknologi virtual desktop memungkinkan Anda menggunakan tema yang bervariasi. Hal ini merupakan terobosan kreatif dari Windows 10. Jadi, pengguna bisa dengan mudah berpindah desktop. Bahkan Anda pun akan lebih mudah mencari file yang dibutuhkan.

Cocok untuk Game

OS ini memang cocok digunakan untuk memainkan game yang membutuhkan OS berperforma tinggi. Oleh karena itu, game-game kelas berat cocok dimainkan di Windows 10. Hal ini karena fitur di dalamnya yang dapat membuat kinerja game lebih baik.

Selain itu, fitur DirectX 12 akan membuat tampilan grafis lebih halus dan tajam. Oleh karena itu, pecinta game wajib menginstall OS ini di perangkat laptop/PC.

Adanya Microsoft Edge

Microsoft Edge

Microsoft Edge menjadi browser standar Windows 10 saat ini. Hal ini berbeda pada versi sebelumnya yang menjadikan Internet Explorer sebagai browser standar. Tampilan browser baru ini dikemas dengan tampilan flat design yang sederhana.

Hal inilah yang membuat kecepatan akses halaman lebih baik. Jadi, tidak butuh waktu lama untuk memuat sebuah halaman.

Microsoft Store versi Terbaru

Microsoft Store versi Terbaru

Dulunya, fitur ini dikenal sebagai Windows Store. Microsoft Store merupakan tempat untuk mendownload berbagai jenis aplikasi, ada yang berbayar maupun gratis. Anda juga bisa mendapatkan berbagai konten digital seru untuk dinikmati di perangkat laptop/PC.

Misalnya buku, game, aplikasi populer, dan sebagainya. Selain itu, Microsoft Store ini bisa di update secara otomatis untuk menghadirkan konten terbaru.

Beberapa Aplikasi dalam Satu Tampilan

Keunggulan Windows 10 selanjutnya adalah adanya fitur interface terbaru. Pengguna bisa menampilkan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar dan di waktu yang sama. Jadi, fitur ini akan memudahkan Anda berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Fitur Continuum

Fitur continuum merupakan fitur yang dapat menjadikan smartphone dengan OS Windows 10 terasa seperti desktop. Untuk mengaktifkan fitur ini,caranya cukup mudah. Pengguna tinggal menyambungkan layar eksternal, keyboard, dan mouse ke port di smartphone.

Namun, Anda juga perlu mengetahui tidak semua smartphone kompatibel dengan OS Windows 10. Adapun spesifikasi minimum yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Resolusi layar 720 piksel
  • RAM 2 GB
  • Internal storage 8 GB
  • Bluetooth 4.0
  • Wifi 802.11n

Sistem Keamanan Lebih Baik

Sistem Keamanan Windows 10 Lebih Baik

Sistem keamanan pada Windows 10 bisa dibilang lebih aman dibanding versi sebelumnya. Anda tidak perlu meragukannya karena OS ini sudah dilengkapi Windows Defender. Aplikasi tersebut akan mencegah perangkat Anda terkena virus atau malware.

Pengguna juga tidak perlu menginstall aplikasi anti virus untuk laptop/PC. Jadi, hal ini akan memudahkan Anda mengamankan perangkat dari serangan virus.

Penutup

Beberapa kelebihan Windows 10 di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan OS ini. Sudah banyak yang berpendapat bahwa Windows 10 menjadi salah satu generasi Windows yang lebih baik dibanding sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Baca juga: Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk