Cara Resetter Epson L120

Bagikan artikel ini
Resetter Epson L120
Resetter Epson L120

Meski termasuk printer L Series berkualitas, namun pengguna Epson L120 juga kerap kali menemui kendala. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah dengan menginstall resetter Epson L120.

Kendala yang terjadi pada printer ini biasanya akan menampilkan pesan error yang bervariasi. Tidak hanya itu, printer biasanya akan menunjukkan blinking atau berkedip pada indikator kertas. Tentunya, jika dibiarkan hal ini akan menghambat pekerjaan Anda.

Masalah Pada Printer Epson L120

Printer Epson L120 yang mengalami kendala memang kerap kali membingungkan penggunanya.  Tidak sedikit yang panik ketika printer hemat tinta ini menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau error. Oleh karena itu, perlu metode yang tepat untuk mengatasinya.

Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui beberapa penyebab masalah pada printer Epson L120. Ketika dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop, printer kerap kali menampilkan pesan error yang membingungkan.

Daripada penasaran, lebih baik simak beberapa penyebabnya kendala pada printer Epson L120 berikut ini.

Printer Epson L120 Tidak Bisa Print

Mengapa printer tidak bisa print padahal Anda sedang diburu-buru pekerjaan? Hal ini bisa saja karena pengguna tidak teliti atau tidak mengetahui dengan benar pengoperasian printer.

Anda mungkin tidak mengecek dengan benar apakah printer sudah tersambung ke sumber listrik atau belum. Meski terkesan sepele, penyebab ini cukup banyak dialami pengguna printer. Selain itu, bisa jadi pengguna belum menyalakan printer dengan tepat.

Ketika ingin mencetak dokumen, pastikan tombol power sudah dalam kondisi menyala. Jika belum dinyalakan, tentunya printer tidak bisa mencetak apapun. Pastikan pula pengaturan printer yang digunakan sudah tepat.

Jika pengaturan printer tidak sesuai, perangkat yang tersambung jadi tidak bisa membaca printer. Oleh karena itu, sebaiknya setting printer yang digunakan menjadi default printer di perangkap PC/laptop.

Printer Epson L120 Error Lampu Berkedip

Bisa dibilang, penyebab error ini menjadi salah satu yang paling banyak dialami pengguna printer. Lampu indikator printer yang berkedip pada dasarnya cukup bervariasi. Begitu pula penyebabnya, tentunya berbeda-beda.

Lampu printer berkedip bisa jadi karena kehabisan tinta. Lalu bagaimana jika sudah mengisi ulang tinta namun tetap berkedip? Pada dasarnya, hal tersebut hanya berupa peringatan karena printer sudah terisi.

Anda bisa mencoba menekan tombol Resume sekitar 1-2 menit, lalu buka lepas cartridge printer, setelah itu pasang kembali. Jangan lupa tutup kembali cover printer lalu lakukan restart. Namun, indikator lampu berkedip ini memang tidak selalu karena kehabisan tinta.

Terlebih jika blink atau kedipan tersebut berulang sebanyak 4 kali, 5 kali, 6 kali, dan seterusnya. Nah, kalau sudah demikian, penyebabnya bisa jadi kerusakan hardware dan waste ink full. Salah satu solusinya adalah melakukan reset printer.

Printer Epson L120 Error Service Required

Salah satu pesan error yang ditampilkan saat printer mengalami kendala adalah ‘Service required’. Jika sudah muncul peringatan tersebut, menginstall resetter printer adalah solusi yang tepat. Seperti yang telah diketahui, setiap printer pastinya memiliki batas print yang sudah ditentukan.

Ketika printer sudah menunjukkan pesan ‘service required’ hal ini disebabkan kapasitas pencetakannya yang sudah mencapai batas. Namun, bukan berarti printer Epson Anda tidak bisa digunakan lagu. Dengan melakukan reset, printer bisa normal kembali dan mencetak dokumen yang dibutuhkan.

Printer Epson L120 Paper Jam Terus

Printer mengalami paper jam dapat disebabkan adanya bagian kertas yang tersangkut di bagian mesin printer untuk mencetak. Namun, penyebabnya tidak selalu kertas, bisa jadi ada benda lain yang menghalangi gerak mesin printer.

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa apakah ada bagian kertas atau benda lain yang tersangkut. Sebaiknya periksa dengan hati-hati agar roll penarik kertas tidak rusak karena terlalu keras menariknya.

Printer Epson L120 Print Tidak Keluar Tinta

Bagaimana jika printer Epson L120 tidak keluar tinta padahal sudah diisi ulang? Penyebab tinta printer tidak keluar juga beraneka ragam, diantaranya sebagai berikut.

Menginput Kertas Terlalu Banyak atau Terlalu Tebal

Meski sebuah printer mengklaim bisa mencetak banyak dokumen, namun jangan sampai Anda menginputnya secara berlebihan. Begitu juga dengan ketebalan kertas, setiap printer pastinya memiliki ukuran maksimal ketebalan kertas yang di print.

Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan tinta tidak keluar meskipun volume tinta masih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kapasitas maksimal input kertas dan ketebalannya ya.

Roll Penarik Kertas Rusak

Roll penarik kertas harus bisa bergerak dengan halus agar bisa mencetak dokumen. Jika bagian roll ini macet, tentunya proses pencetakan akan bermasalah dan terhenti.

Periksalah roll printer Anda apakah masih bisa bergerak dengan lancar atau tidak. Jika ternyata sudah sulit bergerak atau bahkan berkarat, Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Cartridge Tidak Terpasang dengan Benar

Penyebab tinta printer tidak keluar selanjutnya adalah karena cartridge tidak terpasang dengan benar. Masalah ini membuat printer Anda tidak bisa menjalankan fungsinya untuk mencetak. Sebaiknya buka cover cartridge, lalu pasangkan kembali dengan posisi yang benar.

Cartridge Mengalami Kerusakan

Walau bagaimana pun juga cartridge merupakan elemen penting pada printer. Ketika mendapati tinta printer tidak keluar, bisa jadi karena cartridge mengalami kerusakan. Hal ini membuat mekanisme pencetakan tidak berjalan semestinya.

Jika mendapati cartridge rusak, segera perbaiki sendiri atau kepada orang yang ahli. Namun akan lebih mudah dengan menggantinya dengan cartridge baru.

Cara Reset Printer Epson L12o Tanpa Software

Setelah memahami penyebab printer tidak bisa mencetak, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Melakukan reset printer merupakan salah satu solusi yang mudah dilakukan. Bahkan Anda bisa melakukannya dengan atau tanpa software.

Cara pertama yang akan dijelaskan berikut ini bisa Anda ikuti secara manual tanpa software. Metode ini tergolong mudah dilakukan, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki software yang mendukung. Berikut langkah-langkah mudah reset printer Epson L120 secara manual.

  • Pastikan printer tidak tersambung sumber daya listrik manapun. Silahkan cabut kabel daya yang menghubungkan printer dengan listrik, lalu diamkan 3-5 menit sampai tidak ada daya listrik sama sekali pada printer.
  • Setelah didiamkan beberapa menit, colok kembali kabel daya printer.
  • Nyalakan printer dengan menekan tombol Power, tunggu sampai menyala sepenuhnya.
  • Setelah itu, tekan tombol Resume dengan ikon logo tinta lalu tahan selama 5 detik.
  • Lepaskan tombol resume, lalu tekan kembali selama 3 detik lalu lepaskan lagi.
  • Setelah mengikuti tahapan di atas, printer Epson L120 akan melakukan reset secara otomatis.
  • Tunggu sampai proses reset berhenti. Hal ini ditandai dengan lampu indikator printer yang berhenti berkedip.
  • Selesai, Anda bisa mengecek printer kembali normal dengan mencoba mencetak dokumen.

Cara manual di atas termasuk mudah dilakukan karena Anda bisa mempraktikannya tanpa aplikasi. Namun, jika metode ini tidak berhasil atau sulit dilakukan, silahkan mencoba cara lainnya di bawah ini.

Cara Reset Printer Epson L120 dengan Resetter

Tak jarang metode reset manual tidak membuat printer lebih baik. Mungkin Anda pernah melakukan reset manual, namun tidak menyelesaikan permasalahan printer. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba cara ini yang tak kalah mudah.

Jadi, Anda bisa menggunakan resetter Epson L120 yang bisa dilakukan secara otomatis. Namun, Anda perlu memiliki software resetternya terlebih dahulu. Perlu diingat, gunakanlah resetter yang sesuai dengan printer yang digunakan.

Untuk Epson L120 sendiri, software yang bisa digunakan adalah Resetter Adjustment Program (Adjprog Epson L120).  Untuk lebih jelasnya, silahkan gunakan link download berikut ini beserta langkah-langkah melakukan reset printer.

Download Resetter Adjustment Program Epson L120

Nama SoftwareEpson Adjustment Program
Ekstensi FileAdjprog_L120.exe
Ukuran2,67 MB
OS yang DidukungWindows 7, 8, 8.1, 10
Bit32bit / 64bit
PrinterEpson
SeriL120

Link utama : Download Resetter Epson L120

Link alternatif : Download Resetter Epson L120

Cara Menggunakan Resetter Adjustment Program L120

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan reset printer Epson L120 adalah sebagai berikut.

  • Download file resetter yang telah dicantumkan pada link di atas. Jika pada link utama tidak valid atau gagal, Anda bisa mencoba link alternatif.
  • Setelah berhasil diunduh, ekstrak file resetter tersebut menggunakan aplikasi WinZip atau WinRar versi terbaru.
  • Klik  dua kali pada ikon Adjprog.exe untuk mulai menjalankan aplikasi. Namun, sebaiknya menjalankan aplikasi tersebut dengan klik kanan lalu pilih opsi run as administrator.
  • Setelah itu, klik Select.
  • Pada bagian Model Name, silahkan pilih seri printer.
  • Klik Auto Selection untuk port USB yang dipilih.
  • Selanjutnya, klik OK.
  • Klik Particular Adjustment Mode lalu Waste ink pad counter.
  • Klik OK.
  • Langkah selanjutnya, beri tanda centang pada opsi Main pad counter.
  • Lanjutkan dengan klik Check. Hal ini dilakukan untuk menampilkan beberapa informasi terkait printer yang akan digunakan, misalnya jumlah kertas yang sudah tercetak.
  • Beri centang kembali pada bagian Main pad counter lalu klik Initialization.
  • Tunggu sampai printer selesai melakukan proses inisialisasi.
  • Setelah proses di atas selesai, akan muncul pesan pada komputer “Please Turn On and Turn Off your Printer”.
  • Pada langkah tersebut, matikan printer Epson L120 lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol Power.
  • Periksa lamu indikator printer apakah masih berkedip atau tidak. Apabila sudah tidak berkedit,  maka proses reset telah selesai dan printer bisa digunakan kembali.

Solusi Gagal Reset Epson L120

Sudah melakukan langkah-langkah reset tapi lampu indikator printer masih berkedip? Mungkin Anda mengalami hal ini dan printer tetap error tidak bisa mencetak dokumen apapun. Jika sudah begini, silahkan simak beberapa solusi yang bisa dilakukan berikut ini.

  • Bersihkan cartridge dari tinta maupun kotoran yang menempel, pastikan cartridge dalam keadaan bersih ketika akan dipasangkan kembali.
  • Saat memasang kembali cartridge, perhatikan posisinya agar tidak tertukar.
  • Di sebelah kanan cartridge, bersihkan bagian busa sampai kering.
  • Hindari selang tinta menghalangi jalur cartridge.
  • Kosongkan tinta yang terdapat di vacuum pembuangan.
  • Sebelum melakukan reset, pastikan Anda sudah mencabut kabel power lalu diamkan minimal 3 menit.
  • Pastikan tidak ada sisa kertas atau benda asing yang menghalangi roller bergerak.

Melakukan reset printer memang bisa menjadi salah satu solusi tepat mengatasi peringatan error. Tidak hanya bisa dilakukan secara otomatis, Anda juga bisa memanfaatkan resetter Epson L120 yang bisa digunakan dengan mudah.